Perangkat lunak multimedia
o Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman
Multimedia adalah bahasa-bahasa
yang digunakan programmer
untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder,
Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.
o Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak
ini terdiri dari sistem
operasi (Operating System)
misalnya DOS (Disc
Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP,
Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi
utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus.
o Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak
aplikasi multimedia merupakan
aplikasi-aplikasi yang dibuat
oleh personal atau organisasi untuk
user yang beroperasi
dalam bidang-bidang
multimedia spesifik seperti
grafik 2D, modeling dan animasi.
a)
Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah
teks yang banyak
digunakan misalnya Microsoft Word, Word
Star for Windows, Word Perfect
dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open
source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
b)
Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi
pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
-
Grafik
2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
-
Grafik
2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp. Animasi,
misalnya Macromedia Flash.
c)
Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik
3D
Contoh dari
perangkat lunak Animasi
dan modeling Grafik
3D adalah 3D
Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain
sebagainya.
d)
Perangkat Lunak Authoring Multimedia
Authoring merupakan
aplikasi komputer yang
memberikan peluang kepada
pengguna untuk mengembangkan
sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan
dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan
aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia
Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga
kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis icon dan
authoring berbasis waktu.
Authoring berbasis halaman merupakan
authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi elemen-elemen
dalam halaman atau
buku tersebut. Contoh dari
aplikasi ini adalah HyperCard dan ToolBook Assistant.
Authoring berbasis
icon menggunakan konsep
flowchart untuk membuat
aliran elemen-elemen multimedia
yang dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan
diagram alir aktivitas
sepanjang jalur percabangan,
contohnya adalah Microsoft
Power Point dan Macromedia Authorware.
Authoring berbasis
waktu merupakan pengembangan
paket multimedia sebagai
pengorganisasian objek sepanjang lini waktu. Frame yang diorganisasikan
secara berurut kemudian ditampilkan kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi
yang menggunakan cara ini adalah Macromedia Director.
Authoring DVD adalah aplikasi yang
digunakan untuk menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle
Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.
e)
Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh
produk-produk mendesain web antara lain
adalah Macromedia Flash yang digunakan
untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft
Front Page.
0 Response to "Perangkat lunak multimedia"
Post a Comment